30 October 2008

Keluarga Muda-Mudi Banjarejo dari masa ke masa

Keberadaan KMB sudah lebih dari 40 tahun, karena waktu saya masih kecil dulu tahun 70an sudah banyak kegiatannya seperti latihan kerawitan, kethoprak dan kegiatan insidental seperti nyinom (bantu warga yg punya gawe), kerja bhakti, dll.

Pencetusan nama KMB kalau tidak salah (CMIIW) waktu di bawah kepemimpinan mas Priyatmono/Komik (adiknya mas Agung, sekarang jadi Guru di Pati) pada tahun 80an, waktu itu juga dibuat AD/ART KMB, stempel & logo.

Mudah-mudahan buku AD & ART Pengurus saat ini masih pegang, karena waktu pergantian pengurus jaman saya ke Dody & Endar sudah saya serah terimakan (alangkah baiknya jika masih ada bisa dimasukkan/ketik ulang ke blog ini atau cukup discan & di upload/email saja ke kmb.banjarejo@gmail.com nanti saya bantu ketik/masukkan ke site tercinta kita.

Waktu itu latihan karawitan di rumah embahnya mas Agung (di belakang rumahnya mas Mulyadi) namun rumahnya sudah lama dibongkar & sempat jadi kebun jeruk (yg tersisa tinggal sumurnya saja yg di depan rumahnya Yoyon).

Gamelan yang dipakai punya Alm. Mbah Seco Haksoro (namun sayang th 80an sudah dijual).

Dulu Banjarejo juga dikenal/identik dengan Kethopraknya, karena hampir setiap Agustusan ngadain kethoprak oleh muda-mudi pendahulu kita, bahkan dari ajang itu ada yang berjodoh seperti mas Tarjo & Mbak Tatik (ceritane gandrung neng kethoprak dadi tenanan….hee….hee….sekedar intermezo….mudah-mudahan mas Tarjo yang lagi sakit stroke segera sembuh).

KMB juga sudah pernah mengadakan peringatan HUT RI dengan wayng kulit semalam suntuk 3 kali :

  1. HUT RI ke 45/46 (lupa saya) dengan Dhalang Ki Prayitno (Alm.) dari Cawas.
  2. HUT RI ke 48 tahun 1993 dengan Dhalang Ki Warseno Slank dari Juwiring.
  3. HUT RI ke 50 tahun 1995 dengan Dhalang Ki Bagong Darmono dari Juwiring.

Sayang saya hanya menyimpan dokumen foto waktu wayangan Ki Bagong & kaset rekamannya. Foto sudah saya scan tinggal proses upload yang masih agak tersendat. Nanti saya usahakan juga rekaman kasetnya bisa ditransfer ke file MP3 untuk dokumentasi, namun kasetnya masih di rumah Banjarejo kemarin pas lebaran lupa bawa (kalau pengurus mau ambil silahkan minta ke ibu saya tempatnya di laci di bawah tempat TV dibufet kecil kamar tamu, mudah-mudahan belum dipindah).

Kalau dokumentasi yang lain saya sudah tidak tahu keberadaaanya (coba tanya mas Agung/Dono mungkin tahu, kaset rekamannya Ki Warseno dulu juga ada lho komplit album fotonya juga).

 

Berikut Ketua/Pengurus Inti dari masa ke masa :

  1. Tahun 1970an : Sutarjo, Mulyadi, Agung Prasojo, Resi, dkk (sudah banyak lupa saya).
  2. Tahun 1980an : Priyatmono/Komik, Heri, Titus Odong Kusuma Jati, Harnanto/Puthut (anaknya pak dhe Hadi Sumarto, sekarang di Barito), V. Pribadi, Endarjo, Dono Sartono
  3. Tahun 1990an : Marwoto, Misgiyarto, Ari Heryanto, Didik Turmudi, Anto Hendroyono, Endar Pramono, Dody Suryono
  4. Tahun 2000an : Elwin Nugroho, Endi Rafid, Sujawi Sholeh S, Yoyon, dkk (silahkan up date lagi).

 

Waktu dulu jumlah muda-mudi lumayan banyak jadi kalau nyinom di tempat warga yang mantu dari muda-mudi sudah mencukupi, karena keberhasilan KB dari waktu ke waktu jumlahnya turun drastis ditambah lagi banyak yang merantau termasuk saya..hee….hee….

Kekompakan & keberhasilan KMB sudah cukup disegani di sekitar Cawas, untuk itu mari kita jaga terus kekompakan kita.

Bravo KMB.

 

Didik Turmudi - Kaltim