21 August 2009

Apa dan Mengapa ? Dari Redaksi


Assalammu'alaikum Wr, Wb,

Salam hormat dan sejahtera bagi kita semua. Sebagai pendukung KMB dan juga admin + penanggungjawab materi blog KMB, saya akan berusaha membuat klarifikasi dan analisa tentang perbedaan pendapat yg terjadi agar tidak berlanjut dan berujung negatif. Satu tujuan satu harapan, untuk Satu Banjarejo Yang Damai....

1. Tentang publikasi artikel blog

Penulis di Blog ini bisa siapa saja, karena kita bisa ngirim lewat e-mail ke : kmb.banjarejo.blogmail@blogger.com dan artikel yg kita tulis bisa langsung masuk ke postingan utama tanpa proses editing dari admin.

Komposisi redaksi Blog :

Blogger = Endi Rafid,
yang membuat dan mendesain blog, kontrol setting layout, editing isi/materi postingan dan penanggung jawab isi Blog secara keseluruhan.

Admin = Didik Turmudzi & Ema Martha,
sebagai penulis blog aktif yang authorized dan punya akses masuk langsung ke dashboard Blog dan punya hak untuk melakukan fungsi kontrol seperti yg dimiliki Blogger.

Fungsi KMB membuat Blog :
- Sebagai media informasi bagi warga yang merantau di luar Banjarejo (update berita soal Jarjo)
- Media KMB untuk eksplorasi menelorkan kreatifitas, pikiran, dan bahkan curhat perasaan
- Bagi-bagi info Kesehatan, teknologi dan motivasi-motivasi
- Salam sapa dan media silaturohmi sesama warga Jarjo dan sekitarnya.

Jadi jika ada yg bermasalah dengan isi materi, saya membuka diri untuk berdiskusi bersama, call/sms dan e-mail :
081578590539 / endirafid@yahoo.com / endirafid.nusantara@id.nestle.com

Sekarang juga sudah tersedia Grup Facebook untuk warga yang pernah tinggal, hidup, lewat, atau kenal dan punya cerita dengan Banjarejo. Grup Facebook ini dibuat Mas Didik Turmudzi. Silahkan Join....

2. Kronologis malam tirakatan

Dalam memeriahkan HUT RI di Banjarejo Panitia 17-an dari Keluarga Muda Mudi Banjarejo 2009 meng-agendakan untuk mengadakan lomba anak dan sepeda santai.
KMB tidak merencanakan membuat panggung pensi karena beberapa pertimbangan biaya, kurangnya persiapan, dan kesulitan dalam manajemen waktu pertemuan/rapat karena banyak anggota KMB yg sekolah di Klaten dan Yogya.

Klimaksnya, pas malam tirakatan di Rumah Ibu Seno Hardjani, tim KMB mendapat kado kejutan karena di antara acara tirakatan ada sebuah panggung yg berdiri megah dengan NAMA KMB terukir indah di atasnya.

pertanyaan-pertanyaan dari tim KMB : "loh, iki ana panggung sapa sing nggawe? acarane diisi apa cah??" bla bla bla... Terkejut, heran, salut dan support penuh tertanam di benak tim KMB.

Faktanya :
- Tim KMB tidak pernah diberitahu/dikonfirmasi akan pelaksanaan pensi.
- Tim KMB tidak dimintai masukan isi materi pentas seni

Acara pun runtun berjalan dengan rapi. Hadiah lomba dan doorprize dibagikan oleh tim KMB.... Sampai akhirnya acara inti dengan menampilkan pentas seni. Dan benar juga, memang acara MURNI dipersembahkan oleh warga RT 03. Prestasi yg membanggakan, karena bisa memberikan hiburan segar untuk seluruh warga Banjarejo. Acara berlangsung menarik dan meriah hingga larut.

Secara keseluruhan acara berlangsung SUKSES !!

>> NB. dari berbagai sumber di TKP, karena saya jg tidak mudik :(

3. Analisa dari mata KMB

Organisasi karang taruna dipedesaan diciptakan sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan kemampuan diri anggotanya. Salah satu event untuk mendapatkan pelajaran itu adalah acara 17-an yg sudah rutin digelar di Dukuh Banjarejo.


Manfaat dari acara 17-an bagi intern KMB :
- Melatih jiwa kepemimpinan
- Melatih kemandirian
- Melatih bertanggungjawab pada tugas
- Melatih manajemen keuangan (cara penggalangan dana dan pembelanjaan anggaran)
- Melatih kerja sama / team work
- Melatih kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat
- Memacu kreatifitas
- dan banyak manfaat lain

KMB adalah Organisasi Karang Taruna yg terstruktur jelas. Ada Ketua, sekretaris, bendahara dan didukung seksi-seksi yg siap bekerja sesuai fungsi masing-masing.
Logikanya, setiap aktivitas yang berbendera, berlabel dan meng-atasnamakan KMB sudah sewajarnya diketahui dan didukung penuh oleh Manajemen KMB.




Visi Misi menciptakan cendikia yang cerdas, santun, beretika dan tanggap dengan IPTEKS adalah tujuan utama KMB yg dicetuskan di era kepengurusan Elwin Nugroho (KMB 2007). Saat itu semboyan "KMB the dream come true" juga menjadi pelecut semangat Pemuda Pemudi yang menginginkan terwujudnya segala impian dan keinginan untuk Satu Banjarejo.

Semua kata-kata heroik yang tertanam dalam jiwa pemuda pemudi tercabik menjadi buaian-buaian konyol dan kekecewaan yang sangat dalam.

Kekecewaan Tim KMB :
- tidak ikut dilibatkannya KMB dalam acara tersebut.
- keberadaan pengurus organisasi KMB tidak dihargai keberadaannya
- KMB mungkin dipandang tidak kompeten dan tidak mampu dalam penyelenggaraan pensi, sehingga terjadi KUDETA oleh oknum RT 3
- pihak panitia RT 3 tidak mengkomunikasikan acara pensi dengan leader KMB (Ketua)

4. Menanggapi Tulisan Ema

Gaya bahasa yang Ema tulis itu sangat cerdas, natural dan tidak dibuat-buat. Sangat logis sebagai pihak yang dikecewakan dan terlibat secara langsung. Bahasa yang sangat keras ini dituliskan untuk "menampar" pihak yang mengecewakan Pemuda Pemudi Banjarejo.
Dalam hal ini Ema tidak bicara secara pribadi, ini adalah suara KMB, suara Pemuda Pemudi Banjarejo yang kebetulan dituliskan oleh Ema.
Dan pihak yang "ditampar" sewajarnya bisa "menampar balik" dengan memberikan argumen dan penguatan mengapa hal ini bisa terjadi !! Bukan menyalahkan ini itu.

Ini namanya demokrasi modern, sah-sah saja saling tampar argumen di dunia maya, coz dimana lagi bisa mencurahkan isi hati dan pikiran. Dan Internet adalah media bertukar pikiran yang baik, asal bertanggung jawab.
Yang jelas saat ini di kehidupan nyata BANJAREJO TETEP ADEM AYEM, rukun damai antara Pemuda dan Masyarakat.

Yang penting jika mendiskusikan/ngomongin orang itu jelas INISIALNYA, jadi pemikiran kita tidak negatif dan mudah dijerumuskan oleh pihak-pihak gak jelas. Boleh beradu argumen, tonjok-tonjokan ide, saling ceplas ceplos gagasan.... tapi tetep damai di hati, pikiran dan tindakan.

"Warga Baru Bikin Sensasi" emang bener2 bikin sensasi.... saya nobatkan sebagai "THE BEST ARTICLE 2009" karena turut serta meningkatkan traffic pengunjung blog yg sekarang jadi ruamme dan meriah banget. Ini juga sisi positifnya ta? Baru ketahuan ta, ternyata warga jarjo yg internetan itu banyak juga... Sipp ta, Manteb Ta... ha ha ha !!

Mungkin, ini yang bisa saya analisa dari berbagai sumber yg saya dapat. Tidak ada maksud provokasi atau menyudutkan pihak tertentu.
Mungkin apa yg saya utarakan ini banyak salahnya juga, untuk itu kecerdasan, kedewasaan pikiran kita lah yang bisa menilai mana yang baik benar dan harus dibenarkan dan yg salah mau untuk diluruskan.

Terima kasih. Wassalamu'alaikum, Wr. Wb.,

Salam Hangat,

Endirafid

3 comments:

Anonymous said...

sing uwis yo uwis rasah ditambah-tambai ndak dadi udur...

Ayo Maju Terus KMB ........

Anonymous said...

Oh... ternyata gitu to... ya sudah... untuk kedepannya segala sesuatunya itu ya lebih baik dibicarakan dulu/direncanain yg mateng, yg kompak, seandainya ada yg punya "ide dadakan" yo dibicarakan dulu sama panitia/pengurus KMB... atau sesepuh....., setidak2nya diinformasikan/komunikasi kalo ybs ga ditempat..... gitu aja koq repot.... jadi ga usah udreg2an...., saling jaga perasaan......, yg sudah ya sudah, yang belum ya bikin lebih baik..... Maju terus KMB.... Jaga kekompakan & silaturahmi..... jgn sampai Banjarejo yang rukun, aman, tenteram, damai.... jd "udreg2an" cuma gara2 17-an.... ayo smangat ...salam buat seluruh crew KMB (Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Seksi2 pokoknya semuanya tanpa terkecuali.... pokoknya maju terus......... jaya terus... KMB.....Nuwun.

Anonymous said...

he..he...memang melihat tulisan itu cerdas atau tdk tergantung latar belakang pendidikan, keluarga, motif, dan pergaulan.......jadi sangat subyektif...tetapi apabila tulisan itu dishare ke publik sdh seharusnya bisa dipertanggungjawabkan secara etika, moral dan yuridis.......bahkan sisi religius........menurut saya, tulisan yg menebarkan fitnah, kebencian dan mendiskreditkan orang/keluarga/fihak tertentu tdk bisa dikatakan tulisan yg layak dibaca apalagi cerdas......(ANTONIUS BUDIWURYANTO-anton)