12 April 2009

Kabar dari TPS 1 Kedungampel



Antusias warga Banjarejo dan Mangunan terlihat sangat bagus untuk mepergunakan hak pilih mereka pada pemilu 2009 ini.

Kebetulan dan sudah jadi "langganan" kayaknya, joglo Bengkayang dijadikan tempat nyontreng dan dapat nomer TPS 1 Kedungampel dengan wilayah hak pilih Dukuh Mangunan dan Dukuh Banjarejo tentunya.

Menunggu giliran nyontreng saya duduk-duduk sambil ngobrol dengan Lik Man (Suparman juragane sapi Njarjo)karena kebetulan Lik Man dapat tugas jadi Hansip. Sesekali lirik sana lirik sini layaknya seorang spionase mengamati keadaan sekeliling. Tidak beberapa lama terdengar bisik-bisik para lansia yang sedang ngrumpi usai melakukan pencontrengan. Rata-rata mereka mengeluh dan bingung mau mencontreng siapa karena banyaknya daftar caleg yang tertera pada kartu suara dan tak satupun para caleg tersebut yang mereka kenal.


Sebelas duabelas dengan saya (mirip gituu), sorenya sebelum milih udah tak hafalin caleg-calegnya. Wadhallaaa... pas udah nongkrong di bilik binggung tenan. soale banyak banget dan kertasnya guedhe tenan.

Sepertinya kampanye damai pemilu indonesia 2009 yang di lakukan para caleg tidak mengenai sasaran. Bahkan kurangnya informasi dan simulasi pemilu atas perubahan tatacara pencoblosan ke contreng menjadi penyebab kebingungan warga dalam mempergunakan hak pilih mereka.

Alhamdulillah, semua berakhir dengan lancar. Walau ada yang kalah tetep mau berjiwa besar. Lik Totok yang kader PAN terlihat rukun dan tetep akrab dengan kader-kader Demokrat seperti Lik Thomas, Om Agung, Mas Edy Suprapto.

Hanya sedikit yang saya sesalkan, kenapa kita kadang mudah tergiur dengan iming-iming yang tidak seberapa besar. Banyak dan mungkin udah jadi "trend" klo mau menang ya harus gede modale. Padahal Pemilu itu buat masa depan pemerintahan kita ta?

Menuju Pilpres 2009 semoga kedamaian terus menaungi Banjarejo.

Politik memang unik dan menggelitik...

1 comment:

D 12 KT said...

Hasile Pemilu endhi? apa sing menang Partai/Caleg sing wani mbayar per gundhul 20ewu iku?(hasil ngobrol karo Agus, Parjo & Menik neng mesjid waktu mudik wingi). Wektu iku tak omongi tampani wae duite aja dipilih uwonge/partene, sebab yen kepilih gur sibuk ngurusi balik modal wae.