20 April 2010

Banjarejo dilanda pagebluk


Beberapa minggu ini mungkin bukan hari-hari yang indah di Banjarejo. Tidak seperti biasanya yang dipenuhi canda tawa ramah penghuninya. Memang, bukan karena perubahan watak sikap warganya, tapi karena estafet warga yang masuk rumah sakit. Tak hayal dari narasumber kami, Lik Totok menyebutnya bahwa Banjarejo dilanda pagebluk. Beberapa nama warga Banjarejo yang ia sebutkan, dan menderita sakit antara lain anak istri Lik Totok, Rangga (putra Pak Yatmin Bengkayang), Heri dan Agus (putra Lik Samto), Om Edy Sumaento, Bu Giyarti, Bu Widji, Bu Nardho, Nisa (Putra Pak Giyanto Bengkayang), dan beberapa nama lagi. Tapi alhamdulillah, ketika info ini kami tulis kondisinya sudah berangsur-angsur normal.

Belajar dari apa yang dialami dan tidak mencoba mencari kambing hitam siapa dan mengapa hal ini bisa terjadi, mungkin salah satu preventif action adalah dengan menjaga kesehatan lingkungan. Seingat saya memang sudah lama warga tidak gotong royong resik-resik, model gotong royongnya cuma mbagun dan mbagun aja terus.

Nah, pastinya jangan tunda-tunda lagi untuk menjaga lingkungan, ya. Banyak cara kok, yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Kita bisa memulainya dari hal yang terkecil di lingkungan rumah.

Cara-cara itu antara lain :

1. Jangan membuang sampah sembarangan
Kelihatannya ini merupakan hal yang mudah dilakukan. Di mana saja kita berada, kita harus selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya. Meskipun di rumah kita sudah membuang sampah pada tempatnya, sebaiknya pastikan juga sampah kita dibuang ke tempat pembuangan sampah bukan sungai. Kalau sudah bisa melakukan hal ini, pastinya kita bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Kerja Bakti
Kalau membersihkan lingkungan bersama-sama, pastinya lingkungan sekitar akan menjadi bersih, dan bebas dari wabah penyakit.Klo istilah anehnya mungkin deep clean, jadi bukan cuma rumah dan halaman tapi total keseluruhan kampung.

3. Menanam Pohon
Selain dapat membuat rindang lingkungan, pohon juga bisa menetralisir udara kotor, lho. Jadi udara di lingkungan kita bisa terasa segar.

Nah, dengan membersihkan dan menjaga lingkungan, pastinya kita mendapat manfaat yang sangat besar. Selain bisa mencegah banjir, lingkungan bersih juga bisa menghindari kita dari wabah penyakit. Ayo, warga Banjarejo jangan ragu-ragu untuk menjaga lingkungan!

No comments: