22 June 2010

Pisang si Kaya Nutrisi


Buah yang berwarna kuning terang ini memiliki rasa yang legit. Jenisnya bermacam-macam dengan ukuran yang juga beragam. Dimakan sebagai buah atau diolah dulu tetap saja enak. Selain itu manfaatnya untuk tubuh ternyata sangatlah penting. Gak percaya?

Kalau sedang tak sempat makan nasi, kadang Anda menggantinya dengan pisang. Bukan tanpa alasan mengapa pisang bisa membuat Anda merasa kenyang untuk beberapa jam. Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah pisang ternyata cukup banyak, selain itu kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi bisa menggantikan nasi jika memang Anda belum sempat makan nasi saat di kantor.

Secara umum kandungan gizi dalam satu buah pisang matang adalah 99 kalori, 25,8 mg karbohidrat, 1,2 gr protein, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium dan 0,2 gr lemak. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga air. Wow.. tak pernah terbayangkan bukan dalam satu buah pisang terdapat begitu banyak nutrisiya.

Kandungan asam folat pada pisang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, karena asam folatnya sangat mudah di serap oleh janin. Tapi tentu saja jumlah pisang yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Karena dalam satu buah pisang kandungan kalorinya berkisar antara 85 hingga 100 kalori, jumlah yang cukup besar untuk calon buah hati Anda.

Pisang sendiri banyak jenisnya. Ada yang termasuk pisang meja alias pisang buah ada juga pisang masak. Maksudnya adalah pisang yang harus di masak terlebih dulu salah satu nya adalah pisang nangka, pisang kepok, dan pisang tanduk. Sedangkan pisang meja atau pisang buah ini bisa bermacam-macam, ada pisang medan, pisang susu, pisang raja, pisang emas, dan masih banyak jenis lainnya.

Pisang Medan atau yang lebih dikenal dengan nama pisang barangan, jika dikonsumsi dengan segelas susu cair dapat menjadi obat penyakit usus. Baik bagi mereka yang memiliki masalah dengan maag ataupun cholik lambung, karena buah pisang ini dapat menetralkan keasaman lambung.

Sedangkan di kawasan Sulawesi Utara khususnya Gorontalo, terdapat buah pisang yang bernama pisang goroho. Menurut penduduk setempat, pisang ini menjadi makanan wajib bagi mereka yang memiliki masalah dengan gula darah atau diabetes. Caranya adalah dengan mengukus pisang goroho yang belum masak dan disantap dengan kelapa parut yang masih muda.

Meskipun tidak secara langsung turun kadar gulanya, namun kalau dikonsumsi secara teratur hasilnya akan terlihat. Sayangnya, pisang goroho ini tidak dijumpai di luar daerah Gorontalo.

sumber : www.detikfood.com

No comments: