16 March 2009

Indahnya Ciptaan Allah

Jagat Raya di ciptakan Allah dengan segala manfaat dan keindahannya. Semua dikemas rapi dan saling berhubungan satu sama lain. Seperti matahari penyuplai energi terbesar yang selalu memancarkan cahaya ke bumi, padahal jaraknya sekitar 150 SA dari bumi. Bulan yang baru-baru ini menggemparkan, setelah diselidiki ternyata mempunyai garis yang mengelilingi dan membelahnya menjadi 2 bagian yang sama. Bahkan sesuatu yang jarang dilihat dan dinikmati manusia karena letaknya berada didalam perut bumi.

Satu minggu yang lalu saya dan teman-teman “Dewan Ambalan” SMA N 1 KLATEN mengikuti acara pecinta alam, lebih tepatnya susur pantai. Berangkat dari sekolah jam 3 sore. Dengan menggunakan truk, kita sampai di Wonosari pukul 18.30 WIB. Setelah itu mengisi perut. Pukul 19.30 kita melakukan acara yang pertama yaitu masuk Gua Grengseng. Atribut yang wajib dipakai adalah helm,senter dan sepatu. Karena abis hujan jadi terowongan masuknya licin. Walaupun terpleset-pleset tetapi kita sudah disuguhkan pemandangan indah stalakmit dan stalaktit. Pintu masuknya hanya sebesar buku gambar A4. Bayangkan, sangat-sangat mini, jadi maaf aja buat yang kelebihan berat badan pasti gak bakalan bisa masuk!. Pokoknya harus pinter-pinter atur posisi biar bisa masuk. Dan yang pasti gak boleh takut kotor. Waktu berdiri wajib ati-ati kalo gak mau kepala kita kena stalakmit yang runcing-runcing, ya….. ± aku kebentur stalakmit 13 kali tapi efeknya bikin otak kita tambah encer lho……………!

Sebelum ini, aku belum pernah masuk gua. Jadi fellingku paling mirip gua-gua di Gembiraloka atau di Rawa Permai (Pening). Ternyata dugaanku melenceng jauh. Gua yang aku masukin ini super ekstrem, jalannya gak rata banyak stalaktitnya udah gethu licin banget terus setiap belokan harus masuk lewat terowongan/lubang mini. Penuh perjuanganlah. Kadang-kadang harus manjat-manjat gethu,nglewatin kaya sungai sampai basah-basah. Sirkulasi udaranya normal tapi panas banget (kaya sauna). Tapi sebanding sama keindahannya. Amazing.

Paginya kita susur pantai dengan start P.Krakal. Pukul 09.00 WIB berangkat, jalan kaki menyusuri bukit-bukit ketela pohon (Manihot uthilisima). Jalannya jelas naik,datar,turun. Karena ujan jadi becek banget. Terus lewat tebing yang curam abis,nyebrang laut yang ombaknya setinggi paha,manjat-manjat karang yang super tajam dan yang terakhir nyebrang perbatasab P.Krakal dengan P.Drini (lewat laut). Finishnya di P.Drini. Pulangnya mampir P.Baron. Sampai sekolah jam 18.30 WIB.

Ya………………. Gethulah sedikit pengalaman dari aku. Kalo ada salah kata mohon maaf. Buat KMB kapan-kapan ngadain outbond bareng doank!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Anonymous said...

Ema km jadi si bolang wae! Wakakak...

Endirafid said...

Emang ciptaan Gusti Allah itu sempurna, tapi sayang malah manusialah yang sering membuat rusak alam.

Waktu aq kecil dulu banyak banget burung2 disawah, bunga2 kecil di sekitar sawah depan rumahq, ikan di kali jg buanyak banget.
Sekarang, nyari 1 manuk emprit ae uda susah, bunga2 dibabati trus ditanduri tanaman yg dirasa lebih produktif misale suket gajah (kolonjono)
lha terus iwak2 di kali uda diracun ma disetrumi...

Yang kasihan itu ya jamane adikku "Bagas" dan kawan2ne udah ga bisa menikmati indahnya kampung pedesaan kala duloe...

Anonymous said...

Si Bolang=Si "Bocah" Petualang, lha Mbak Ema khan dah gede mosok Bocah... Si Galang=Gadis Petualang kale, atau Si Walang=Wanita Petualang