23 March 2009

Windows 7

Versi final Windows 7, sebagai pengganti Windows Vista dikabarkan akan tersedia pada akhir tahun ini atau awal tahun 2010. Namun keandalan dari sistem operasi (OS) keluaran Microsoft terbaru ini patut diuji coba melalui versi Betanya.

Kabar tentang kemunculan Windows 7 semakin banyak beredar di Internet maupun masyarakat. Kalangan pengguna produk Microsoft ini pun sebagian sudah mulai berburu untuk mencoba versi Beta-nya atau uji cobanya yang bisa di-download melalui Internet.
Windows 7 sendiri, menurut Windows Client Product Manager PT Microsoft Indonesia, Lukman Susetio, berawal karena Microsoft memiliki kebijakan software assurance tiga tahun untuk sejumlah produknya. Karena itu pula, jelasnya, ketika suatu produk diluncurkan, maka produk penerusnya harus dibuat dalam kurun waktu tiga tahun berikutnya.

Hal itu pula yang berlaku bagi Windows 7 yang memiliki tenggat waktu tiga tahun setelah Vista. Generasi penerus Windows ini kabarnya bakal diluncurkan akhir tahun 2009. Beberapa perubahan sudah pasti akan ditemui dalam Windows 7 dibandingkan Windows Vista. Namun, menurut Ardian M Prastiawan dari Divisi Software dan Development Puskom Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, perubahan yang terjadi tidak total, seperti yang terjadi saat Windows 2000 berubah ke Windows XP. Maupun saat Windows XP berubah ke Windows Vista.
”Sebenarnya, Windows 7 merupakan turunan dari Windows Vista. Sehingga tidak terlalu banyak perubahan yang bisa dirasakan. Sementara kalau perubahan dari Windows 2000 ke XP, maupun XP ke Windows Vista, terjadi perubahan total. Mulai dari desain, menu, setting atau konfigurasi kemudahan pemakaian dan yang lainnya, telah banyak berubah. Tetapi kalau Windows Vista ke Windows 7, tidak ada perubahan berarti. Hanya ada penambahan fitur-fitur untuk menyempurnakan generasi sebelumnya,” terang Ardian kepada Espos, belum lama ini di Kampus UNS.
Namun secara umum, Ardian mengatakan Windows 7 lebih mudah diatur. Instalasinya dinilai lebih ringkas dan prosesnya lebih ringan ketimbang Windows Vista. Dan karena memang belum final prosesnya, masih banyak kekurangan dalam Windows 7 versi Beta atau uji cobanya. Ardian mengatakan ada aplikasi yang belum bisa beroperasi di Windows 7, padahal di Windows Vista berjalan lancar.
Sedangkan spesifikasi komputer yang support untuk Windows 7, disebutkan masih sama dengan Windows Vista. Sementara menurut Ferdy Hernawan, teknisi IT (informasi dan teknologi) di SMK Negeri 2 Solo, Windows 7 memang punya keunggulan dalam hal tampilan. Karena kesan tiga dimensinya lebih tampak menonjol.
Namun karena yang muncul sekarang masih merupakan versi uji coba, sehingga masih terdapat banyak kekurangan. ”Tampilannya mendekati Windows Vista dan terlihat lebih hidup. Tetapi untuk secara keseluruhan memang belum bisa dinilai, karena versi finalnya belum keluar. Karena itu pula sejumlah aplikasi atau software belum sepenuhnya kompatibel dengan Windows 7. Namun di versi finalnya yang akan dirilis resmi tentu sudah lebih sempurna daripada versi Beta atau uji cobanya,” terangnya kepada Espos, Kamis (5/2).
Sementara dari kalangan pengusaha komputer sendiri, sebagian besar belum sempat menjajal versi uji coba dari Windows 7. Karyawan Wirabuana Komputer Yogyakarta, Eko, mengatakan informasi yang beredar di kalangan mereka menyebutkan versi uji coba Windows 7 cukup sulit untuk di-download.
Ukuran file yang terlalu besar menyebabkan download Windows 7 versi Beta butuh waktu berhari-hari. ”Saya sudah mencoba untuk men-download versi Beta dari Windows 7. Namun ukuran filenya terlalu besar sehingga muncul kendala dalam proses download-nya,” terang user komputer, Susilo, yang penasaran dengan keandalan Windows 7.

Spesifikassi komputer yang dibutuhkan untuk operasi sistem Windows 7 :
1 GHz 32 bit or 64 bit processor
1 GB of System memory
16 GB of available disk space
Support for directX 9 graphics with 128 MB memori (to enable the Aero Theme)
DVD-R/W Drive
Optional: Internet Access

No comments: