20 March 2009

Kabar Kampoeng

Assalammu'alaikum ...

Tim wartawane KMB dari kampoeng Banjarejo datang lagi nih, mau melaporken kuabar-kuabar heboh dan terbaru. Diantaranya :

1. Mbah Mangun (Lik Sehono) sakit maag akut dan harus dimondokkan di Rumah Sakit Soerjadji Kertonegoro (Tegalsoyo Klaten)




Seperti apa gejala sakit maag?
Mungkin Anda berpikir tidak punya masalah sakit maag. Tapi, nanti dulu! Sakit maag dapat menyerang siapa saja. Pernahkah Anda merasakan lambung Anda perih dan nyeri, kembung, mual dan kadang-kadang disertai muntah atau asam yang naik ketenggorokan? Jika pernah, itu artinya Anda sudah kena gejala sakit maag.


Apa penyebab sakit maag?
Sakit Maag adalah sakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan sehat, misalnya :
- makan tidak teratur atau terlalu cepat,
- makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak,
- merokok dan banyak minum kopi/alkohol,
- stres yang berlebihan.
Dan dalam kasus-kasus tertentu seperti
- Kehamilan
- Keracunan makanan oleh bakteri;
- Obat-obatan aspirin dan phenylbutazone
- serta terapi penyinaran pada lambung

Jadi bagaimana hidup sehat tanpa sakit maag?
Hingga saat ini, sayangnya belum ada cara yang mudah untuk hidup sehat terbebas dari sakit maag selain memperbaiki pola hidup dan pola makan. Apa yang anda makan dan minum, seberapa banyak anda berolah raga dan seberapa besar stres yang Anda alami dapat berpengaruh terhadap kesehatan lambung. Berikut ini tips-tips hidup sehat bebas sakit maag.
1. Banyak Makan Makanan Berserat
Buah-buahan dan sayur lebih gampang dan lebih cepat dicerna oleh lambung sehingga membuat lambung bekerja lebih sehat. Makanan berserat juga dapat membantu proses buang air besar lebih lancar.
2. Minumlah yang banyak (dalam hal ini air putih tentunya!)
Air membantu dalam mengolah nutrisi makanan yang kita makan dan juga membantu penyerapan nutrisi kedalam tubuh. Selain itu air juga membuat melunakkan dan melancarkan pembuangan
3. Kurangi makanan berlemak dan berminyak
Makanan berlemak yang berlebih menghambat proses pencernaan sehingga meningkatkan resiko terserang gejala sakit maag seperti perih, mual dan nyeri di ulu hati
4. Berolahragalah yang teratur
Olahraga pada dasarnya merangsang otot-otot kita bekerja termasuk otot perut/pencernaan sehingga dapat mempercepat proses pencernaan dan pembuangan
5. Kontrol tingkat stres Anda
Stress dapat mendorong tubuh kita untuk berfokus ke beberapa bagian tertentu saja dan melupakan prosess pencernaan dan bahkan mempercepat keluarnya asam dalam perut sehigga membuat kita merasa perih dan mulas.
6. Berhentilah Merokok
Diluar 4.000 bahan berbahaya dalam tiap batang rokok yang kita isap, merokok juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung dan tukak lambung.

Mmmm... hidup sehat emang rumit ya? Tapi mudah koq kalau qt mau. ;)

2. Berita kedua datang dari bapak-bapak RW 02 BLOK BANJAREJO yang merencanakan gotong royong bikin talud di Bengkayang dan di depane Pak Nardo (RT III)

Mantep ya, dijaman krisis gini pembangunan Qt bisa tetep jalan. Itulah hebatnya punggawa-punggawa Banjarejo. Biar krisis, dapur aja jarang kebul-kebul, tapi tuetepp melakukan PEMBANGUNAN tiada henti.
JAYALAH BANJAREJO !!

Wassalam,

2 comments:

Endirafid said...

bwt mbah mangun moga lekas sembuh, dan untuk bapak2 blok Njarjo sing semangat ya...

Anonymous said...

bravo cah jarjo !!!!!